27 November 2017

5 Aplikasi Gratis Untuk Membuat Ebook Dengan Format EPUB Paling Keren

Semenjak toko ebook Google Playstore dapat diakses di Indonesia ebook berformat epub mulai disukai oleh rakyat Indonesia. Ditambah pula kemudahan cara membelinya yang dapat menggunakan pulsa operator dan Google Play Gift yang dapat dibeli di Indomaret.

Sayangnya toko ebook Google Playstore tidak membebaskan siapapun untuk dapat menerbitkan dan menjual ebook di sini, tidak seperti Amazon Kindle. Saat ini pendaftaran kemitraan dengan toko ini sedang ditutup. Kapan bukanya saya tidak tahu. namun, kita yang tertarik bergabung boleh jaga-jaga dengan mensubscribe email untuk mengetahui pembukaan berikutnya di sini.

Atau kita dapat bekerjasama dengan beberapa penerbit yang telah menjadi mitra toko ebook Google Playstore. Seperti AWC Books (Agung Webe Consulting), Venom Publisher, Ebooku.id, Guepedia, dst.

Penerbit mayor seperti Mizan, Gramedia, Elex, juga menjual buku-buku terbitan mereka di toko ini, namun, tentu saja, proses penerbitan tentu lebih panjang seperti biasa, namanya juga penerbit mayor.

Baca juga : 13 Pembaca Ebook Format File EPUB dan MOBi di Windows

5 Aplikasi EPUB Maker Terkeren


Nah, yang paling penting juga bagaimana sih membuat ebook berformat epub?

Caranya sangat mudah dan tidak mahal, hanya dengan menggunakan aplikasi gratis berikut ini :

1. Calibre 

Calibre adalah program khusus ebook super lengkap. Bagi pencinta ebook ini adalah aplikasi wajib instal dalam komputer.

Untuk membuat file ePUB dengan Calibre kita bisa melakukannya dengan dua metode yaitu :

a. Konversi file buku docx, doc, odt, rtf, dll ke file ePUB.

Buka Calibre -> Add Book -> Pilih file Ebook yang akan dikonversi -> Setelah Terindeks Di Browser Calibre Pilih file tadi -> Lalu Klik Convert.

b. Menggunakan tool Edit Ebook

Edit Ebook ini belum user friendly.

2. Sigil

Sigil adalah aplikasi multi-platform editor khusus untuk ebook ePub. Sangat Tangguh.

3. SoftMaker FreeOffice 2016

SoftMaker FreeOffice 2016 adalah software gratis alternatif Microsoft Office. Fitur Export to EPUB termasuk fitur baru yang tidak terdapat pada SoftMaker 2012 Standard Editon yang dapat kita unduh gratis di sini.

Saya kira aplikasi ini dapat menjadi pilihan utama untuk membentuk file EPUB karena kemudahannya sama dengan kemudahan menyimpan file PDF layaknya di Microsoft Word.

Dan satu lagi, SoftMaker juga punya versi Android, gratis dan juga mampu menyimpan dalam bentuk EPUB.

4. Free ePUB Maker

App ini berfungsi untuk menkonversi word ke epub, mobi, dan pdf. App ini berfungsi baik apabila telah wajib terinstall Microsoft Word 2017, 2010, dan 2013. Cara kerjanya mirip add-on. Jadi, setelah terinstal akan muncul tab baru Epub maker di Word. User-friendly sekali.

5. Google Docs

Google Docs adalah app online untuk pengolah kata dari raksasa Google. Alternatif Microsoft Office sangat mumpuni. Google Docs juga dapat menyimpan file dalam bentuk EPUB. Namun, harus online untuk menyimpan alias mendownload proyek tulisan kita baik itu file pdf, epub, atau word.

Mudah dan praktis juga.

Kesimpulan 

Itulah 5 aplikasi gratis terbaik yang memudahkan kita membuat file EPUB. Manakah yang sebaiknya kita pilih? Kita bisa coba satu per satu saja untuk melihat software mana yang terbaik output file epubnya dari satu draft tulisan kita.

Hasil filenya kita coba buka di beberapa ebook reader populer, seperti Google Playbook, Kindle, Moon+ Reader (Android), SumatraPDF, dll.

Dan lihat tampilannya seperti yang kita inginkan atau tidak. Jika sesuai mungkin itulah yang terbaik.

Mudahan pada artikel selanjutnya saya dapat membahas tutorial lengkap membuat ebook epub.

semoga bermanfaat. 


Previous Post
Next Post

Nama Asli Saya Dimas Setiawan

4 comments:

  1. Betul banget gan, kebetulan ane pake calibre dalam memproses pembuatan ebook yang mau di publish di web ane dan ane jual di Google Play Book. Pokoknya joss banget. Ane juga pake sistem royalti setiap penulis akan mendapatkan royalti 10% dari setiap buku yang terjual. Mantaf kan, yuk cek langsung

    ReplyDelete
  2. Ayok ayok kunjungi situs kami dan dapatkan uang dari sebuah penerbitan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bapak punya buku SMA 2002 (u Kelas 1, 2 dan 3). Isinya masih menjadi dosis kimia dasar di sekolah. Jadi, menurut Bapak, buku dapat dijadikan referensi/literasi bagi pelajar dan para pendidik.
      Dapatkan buku-buku ini di-ebook-kan?
      Masih banyak tulisan/buku Bapak untuk di-ebook-kan.
      (1) Konsep Dasar Kimia untuk Pend. Guru Sekolah Dasar; (2) Kamus Kimia; (3) Membuat Reagen Kimia.
      Bandung, 10.03.2020.
      Mulyono HAM / Pensiunan Dosen Kimia UPI / mulyonoham7@gmail.com / 085720356200

      Delete
  3. ...dapatkan... seharusnya ...dapatkah...

    ReplyDelete

Terima Kasih Telah Berkunjung.

Jejak Anda sangat berarti untuk kami.