06 August 2017

Yandex Browser - Terbaik untuk PC atau Komputer Lambat, Jadul bin Lemot

Browser adalah alat utama bagi dunia maya. Tanpa browser, secepat apapun akses internet, kita tidak akan mampu menikmati kehebatan internet. Manakah browser kesukaan Anda? Firefox, Microsoft Edge, Chrome, atau UC Browser dan masih banyak yang lain.

Browser makin modern dan makin berat. Terutama, bagi laptop atau PC yang jadul dan lambat alias loading lama jika digunakan multi-tasking. Ini sangat tidak menarik sekali.

Saya sendiri suka menggunakan firefox. Namun, karena laptop lemot ketika browsing dengan banyak tab dan juga membuka aplikasi pemutar musik, torrent, dan aplikasi office, perpindahan antar aplikasi sangat lama. Belum lagi kalau firefox macet gara-gara warning stop script atau shockwave. Menambah 'sinyal merah' di kepala. Sangat menjengkelkan.

Oleh karena itu, saya mencoba browser lain. Chrome sudah lama terinstal tapi saya tidak suka bahkan adalah aplikasi yang tidak wajib diinstal dan wajib di-uninstal jika sudah diinstal. Alasannya, saat menggunakan multi tab, Chrome tidak cepat dalam menampilkan halaman situs yang telah ter-load di tab yang agak lama saya tinggal. Misalnya, di tab 1 saya buka youtube dan tab 2 saya buka Blogspot, tab 3 saya buka Facebook. Dan saya beberapa menit di tab 2 blogspot, menulis. Ketika ingat untuk buka youtube, nah di sinilah yang tidak saya suka, karena tab 1 dengan situs youtube hanya putih saja, harus reload dulu. Karena hal inilah, Chrome bagi saya browser paling jelek di dunia.

K-Meloen - Cepat, Ringan, Namun Jadul

K-Meloen ini cepat dan ringan bisa diajak multitasking bersama aplikasi lain. K-Meloen pada dasarnya menggunakan engine yang sama dengan Firefox, namun masih versi yang lama. Sehingga ketika mengunjungi situs yang modern seperti Youtube atau Facebook selalu ada peringatan untuk memperbarui browser. Saya berharap ada rilis terbaru dari developernya.

Yandex Browser - Cepat, Ringan, dan Modern

Akhirnya saya mencoba Yandex Browser. Awalnya saya pikir browser ini akan lambat karena salah satu fitur dari browser buatan Rusia ini memiliki antivirus dan perlindungan transaksi online. Ditambah Yandex menggunakan engine yang sama dengan Chrome. Setelah terinstal, saya terkagum-kagum. Dan ini penjelajah yang saya gunakan saat ini, kira-kira sudah 2 minggu sampai tulisan ini terbit.

Karena bermesin sama dengan Chrome, kita tetap bisa menginstal ekstensi atau app Chrome di Webstore Chrome.

Demikian, jika Anda punya laptop atau PC yang lambat terutama saat menggunakan browser seperti Firefox atau Chrome. Maka coba Yandex Browser atau K-Meloen. Atau kalau Anda punya rekomendasi yang lebih mantap boleh kasih komentar di bawah.

Terima kasih.
Previous Post
Next Post

Nama Asli Saya Dimas Setiawan

1 comment:

Terima Kasih Telah Berkunjung.

Jejak Anda sangat berarti untuk kami.