16 December 2014

Membuat Dokumen Pdf dengan LibreOffice Writer

LibreOffice adalah alternatif Microsoft Office yang bersifat gratis, open source dan aktif dikembangkan komunitas lebih dari “kakak”nya, OpenOffice.org. LibreOffice dapat berjalan di Windows, MAC OS, dan Linux. Dibangun di bawah naungan The Document Foundation.

Aplikasi khusus perkantoran ini memiliki 6 paket, yaitu : 1) LibreOffice Writer ; 2) LibreOffice Draw; 3) LibreOffice Math; 4) LibreOffice Base; 5) LibreOffice Impress; 6) LibreOffice Calc.  Kesemuanya memiliki kemampuan mengekspor file ke pdf. Kembali ke judul artikel, kali ini akan diterangkan bagaimana membuat dokumen pdf dengan LibreOffice Writer.

LibreOffice Writer adalah aplikasi pemroses kata. Layaknya Microsoft Office Word, kita dapat menulis artikel, novel, surat-menyurat, laporan, serta apapun di sini. Ada fitur cek kata, persamaan kata, autocorrect, find dan replace, tabel, mail merge, alat menggambar, page-layout, ekspor file pdf, bibliografi, template, styles, dan masih banyak lagi lainnya.

Klik untuk Zoom

Cara Membuat File Pdf

Thumbs up Berikut penjelasan pembuatan file pdf dengan LibreOffice Writer, penulis menggunakan versi LibreOffice 4.3 di Windows 7.

Thumbs up Buka LibreOffice Klik Start Menu >> All Programs >>  LibreOffice 4.3 >> Klik LibreOffice Writer.

Thumbs up Setelah terbuka, buat dokumen baru apa saja sesuka hati. Beri gaya pada teks agar tampil menarik seperti font bold, italic, teks tengah, insert gambar, tabel, dll.

Thumbs up Jika dirasa sudah fix, klik Export Directly as PDF export-pdf-quick bagian yang warna kuning. Akan muncul Kotak Dialog Export Pdf. Tentukan nama file dan Klik Save.

dialog-pdf-export

Mudah ya! Gimana kalau mau memberi password? Gue kan mau ngasih cerpen hasil karya gue ke pacar gue?

Nah, untuk memberi password pada file pdf atau pun memperoleh konten dan kualitas pdf yang lebih bagus. Cara adalah Klik File > Klik Export As Pdf. Akan segera muncul dialog Pdf Options. Klik tab Security untuk mem-password pdf. Jika sudah klik Export.

contro-banyak-libreoffice-pdf

pdf-option-software-gratis

berikut contoh dokumen pdf:

hasil-pdf-yoigraware

Keren kan?

Untuk download, cara penginstalan dan informasi lebih lanjut kunjungi http://libreoffice.org

Referensi :

Ebook LibreOffice 4.2 Writer Guide

Demikian

Terima kasih

 

Previous Post
Next Post

Nama Asli Saya Dimas Setiawan

0 Post a Comment:

Terima Kasih Telah Berkunjung.

Jejak Anda sangat berarti untuk kami.