30 December 2014

Cara HOT #Menjonru di Komputer

Teknologi canggih tidaklah selalu menguntungkan dan memudahkan. Adakalanya berdampak tidak baik bagi kesehatan diri pengguna dan kenyamanan lingkungan hidup. Kendaraan bermotor misalnya, di satu sisi bermanfaat bagi mobilitas manusia, mempercepat manusia berpindah tempat, memperlancar laju perekonomian, menciptakan lapangan pekerjaan, juga berdampak buruk bagi kinerja paru-paru kita bersamaan terpolusinya udara.  Angka korban jiwa akibat kecelakaan yang sepertinya tak berkurang. Kejengkelan dan keterlambatan karena macet di jalan.

Begitupun dengan teknologi komputer, manfaatnya banyak sekali -  tak perlu saya jelaskan panjang lebar di artikel sederhana ini Smile . Berkomputer adalah kegiatan yang “memakan” bokong secara tega dan tak beradab – ini metafor, oke. Penggunaan keyboard dan mouse secara berulang-ulang dapat menyebabkan apa yang dinamakan Repetitive Strain Injury #RSI). Gejalanya seperti mati rasa, kaku, terasa melemah, kram, dan bengkak serta seringkali dirasakan pada bagian tubuh atas (leher, lengan tangan, bahu, tangan, siku). Baca penjelasan berikut untuk pencegahan, klik di sini.

Mata kita juga tak terelakkan mendapat efek buruk dari pemakaian komputer. Namanya keren yaitu Computer Vision Syndrome (CVS). Gejalanya seperti mata tegang, penglihatan kabur, otot mata yang terasa linu, gangguan fokus, kepala pusing, dan mata perih. Untuk pencegahan bisa gunakan kacamata khusus saat berkomputer dan screenprotector pada monitor.

Oleh karena itu, kita perlu #menJonru bersantai saat menyelesaikan tugas, proyek, latihan, menulis, browsing, koding, dll. Penelitian dalam dunia kedokteran, psikologi, dan neuroscience telah membuktikan bahwa tubuh dan pikiran saling berhubungan (Mind-Body Connection). Dengan tenangnya pikiran akan membantu kondisi tubuh yang sehat. Bahkan ada slogan terkenal 99 persen penyakit disebabkan karena pikiran stres”. Begitu pun sebaliknya, olahraga berkala meningkatkan kemampuan memecahkan masalah, kelancaran proses berpikir, dan kemampuan mengingat yang kuat.

Berikut ini cara-cara paling hot #menJonru di komputer yang dapat kita lakukan :

Menjonru = Bersantai

Ingat untuk Istirahat Sejenak Dengan EyeDefender

Cara paling mudah mencegah gejala-gejala buruk dari bekerja sambil duduk ini, yaitu mengambil rehat sejenak sekitar 2 menit – 10 menit tiap jangka waktu tertentu secara teratur, misalnya setiap satu jam. Namun, cara ini seringkali terabaikan saking asyiknya. EyeDefender adalah freeware yang dikhususkan untuk mengingatkan user mengambil rehat sesuai waktu yang ditentukan. Ukuran file kecil. Berjalan di system tray. Ketika waktu rehat tiba, aplikasi ini akan memunculkan satu dari aksi berikut :

  1. men-Display gambar secara FullScreen. Gambar bunga yang muncul adalah gambar bawaan software yang bisa diganti.
  2. Menjalankan pelatihan visual (visual training) untuk merilekskan mata.
  3. Menjalankan screensaver
  4. Informasi pengingat dalam bentuk Popup di system tray.

Untuk Download dan penjelasang penggunaannya klik di sini.

menjonru-system-tray

menjonru-eyedefender

 

 

Menyadari Nafas

nafas-menjonru

Ini sekedar contoh direkomendasikan dari kegiatan rehat yang dapat dilakukan dalam rentang waktu tertentu di atas. Dengan memanfaatkan EyeDefender, setiap waktu rehat, segera sadari keluar-masuknya udara kehidupan barang sejenak 1 atau 2 menit. Dalam buku Search Inside Yourself , Chade-Meng Tan menyampaikan manfaat dari latihan sederhana ini dapat menenangkan pikiran, melepas stres, membuat setiap momen hidup bermakna.

 

Memutar Musik dengan AIMP

Kita merampungkan tugas sambil mendengarkan musik kesukaan. Ini cara paling terkenal dan umum digunakan para pengguna komputer. AIMP adalah software paling direkomendasikan untuk memutar musik. Selain support berbagai format audio seperti mp3, wav, midi, dll, AIMP punya alat tambahan seperti tag editor, alarm, penjadwalan (Scheduler), audio library, pengkonversi musik, skin indah dan menarik, skin editor, dan masih banyak lagi.

Closeup portrait of beautiful young female laying on grass and l

Gunakan Software Coherence Coach

Coherence Coach bukan aplikasi gratis. Harganya sekitar 200 ribu dalam rupiah atau 19 US Dollar. Software yang ditujukan sebagai panduan menarik dan interaktif guna melakukan teknik Quick Coherence yang dikembangkan oleh Institute HeartMath. Teknik ini untuk mengurangi tingkat stres dan meningkatkan performa serta tervalidasi secara saintifik. Dengan ini, kita diajak menjonru secara mendalam dan menikmati koherensi gelombang elektromagnetik antara jantung dan otak. Menciptakan pikiran, emosi, perasaan yang tenang seimbang dan keadaan mental yang lebih baik dan jelas. Sehingga performa diri pun meningkat.

software gratis HeartMath

Tunggu dulu, kawan? Berbayar? Blog ini kan tentang software gratis?

Oya lupa, saya mendapatkan software tersebut secara gratis dan legal dari fanpage Facebook Institute HeartMath. Freegift langka seperti ini hanya dalam jangka waktu tertentu. Jadi tunggu apalagi, segera like fanpage-nya dan tunggu update gratisan berharga berupa Ebook, Booklet,  Webinar, dan Software yang aslinya mahal. Kok baik ya? Sebabnya itu mungkin karena mereka menyebut organisasinya sebagai non-profit (non-komersial, tak mengambil untung). Nah, kalau Anda penasaran seperti apa teknik-nya dan ingin merasakan manfaatnya, Anda bisa baca artikel dari situs resminya dalam bahasa Inggris di sini atau bisa juga lewat penjelasan simpel saya di blog keroyakan kompasiana di sini. Atau perhatikan screenshot di atas.

*****

Semoga cara-cara di atas dapat bermanfaat. Membuat rileks dan santai. So, Sudahkah Anda #Menjonru, hari ini?

#Menjonru merupakan Hashtag Twitter yang pertama kali dimunculkan oleh akun  twitter Achmad Sahal. Berarti “tukang fitnah”. Sempat membuat jengkel pemilik nama yang seorang Blogger Terbaik, Bang Jonru. Namun, tampaknya Bang Jonru mengizinkan siapapun boleh suka-suka mengartikan #MenJonru selama bermakna positif. Dalam artikel ini berarti Bersantai. Positifkan? hehe

Previous Post
Next Post

Nama Asli Saya Dimas Setiawan

0 Post a Comment:

Terima Kasih Telah Berkunjung.

Jejak Anda sangat berarti untuk kami.