12 January 2015

Cara Hapus File Aman dengan CCleaner

CCleaner terbilang sebagai salah satu software terkenal di dunia. Lebih dari 1 milyar di download orang sejak 2003 guna menghapus file-file tak diinginkan di komputer. Software gratis ini membantu menangani penghapusan file yang terdapat di Recycle Bin, temporary file, cache browser, dump file, dll sehingga memberi ruang yang lebih banyak untuk media penyimpanan komputer. Ditambah lagi fitur penghapusan registry yang mungkin ditinggalkan dan tidak dihapus otomatis oleh sebuah atau beberapa aplikasi yang di-uninstall oleh kita (user).

Aplikasi Gratis besutan perusahaan Piriform ini pun menjadi favorit penulis untuk meng-uninstall software daripada  melalui Program and Features di Control Panel Windows, meskipun fitur uninstaller ini tergolong standar dan tak sebagus Revo Uninstaller. Selain itu, penulis senang mengatur program yang berjalan bersamaan saat Start Up Windows dengan aplikasi ini. Dan perlu juga diketahui, ternyata, CCleaner memiliki fitur pencari file yang sama (Duplicate Finder), penghapus system restore, pembersih harddisk (Driver Wiper), dan masih banyak lagi. Lengkap dan mudah, pas jika disebut aplikasi cleaner terbaik dunia. Dari semua fitur keren itu, tahukah Anda? Bahwa CCleaner versi terbaru punya kemampuan untuk menghapus file secara aman (Secure Deletion).

 CCleaner Aplikasi Delete File terbaik

Pada dasarnya, File yang dihapus secara biasa tidaklah sepenuhnya benar-benar hilang di harddisk, file itu butuh di overwritten dengan file terhapus lain untuk benar-benar terhapus. Oleh karena itu, kemungkinan besar file tersebut masih dapat dikembalikan (recovery file) dengan menggunakan software recovery file seperti Recuva – sahabat dari CCleaner, Glary Undelete, Pandora Recovery, Wise Data Recovery, dll. Dibutuhkan software khusus untuk menghapus file secara aman dan sulit dikembalikan. Diantaranya adalah Eraser, WipeFile, FileShredder, dan lain-lain. Namun kali ini kita bahas cara melakukannya di freeware CCleaner.

Hapus aman di CCleaner memiliki 4 metode penghapusan yaitu Simple Overwrite (1 pass), Advanced Overwrite (3 pass), Complex Overwrite (7 pass), dan Very Complex Overwrite (35 pass). Mana yang lebih baik? tentu yang ke empat (35 pass), meski sangat lama proses penghapusannya. Nah, pengaturan awal (default) CCleaner adalah normal file deletion. Untuk mengaktifkannya, Buka CCleaner >> Klik Option >> Klik Settings >> Klik Secure File Deletion (Slower) dan pilih salah satu metode penghapusan. Setelah itu, untuk memanfaatkannya berikut carannya :

  1. Hapus file seperti biasa ke Recycle Bin
  2. Buka CCleaner
  3. Pada Cleaner >> Klik Analyze untuk menganalisis
  4. Klik Run Cleaner
  5. Tunggu sampai proses selesai.

setingan ccleaner

Catatan : Jika Anda ingin mengembalikan pada setingan awal pilih normal file deletion (faster) dari cara yang diulas pada paragraf 4 di atas.

Cara ini memang tidak sepraktis software yang dikhususkan untuk secure deletion seperti Eraser yang punya fitur Context Menu klik kanan mouse sehingga bisa langsung menghapus file di Explorer. Tapi cukup lumayan kinerjanya.

Tetap bijak menggunakannya. Siapa tahu ada file yang ternyata penting yang tidak seharusnya terhapus sehingga sulit ter-recovery.

Demikian

Semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post

Nama Asli Saya Dimas Setiawan

0 Post a Comment:

Terima Kasih Telah Berkunjung.

Jejak Anda sangat berarti untuk kami.